Love Revolution Character Tutorial

Hello! Apa Kabar?

Ini adalah tulisan pertamaku setelah intro comeback. Selamat datang!

Pada tulisanku kali ini, aku akan membahas tentang sebuah webtoon yang sedang kuikuti progress-nya. Love Revolution (연애혁명) karya 232-ssi. Ini adalah webtoon dari Korea Selatan yang diterbitkan secara online melalui webtoon naver, di Korea sudah ada versi cetaknya juga. Webtoon ini kayaknya terkenal dikalangan para idol, dan memang terkenal sih di sana.

lovrev

Aku pertama kali tahu webtoon ini dari Carats (fans Seventeen) yang heboh membicarakan tentang karakter utamanya yang katanya mirip dengan S.Coups dan Jeonghan. Karena aku CoupsHan shipper, aku jadi penasaran menceritakan tentang apa sih webtoon ini. Jadi, begitu ada versi terjemahan bahasa Indonesianya yang terbit di LINE Webtoon—saat itu baru 3 bab, aku langsung kesana dan baca. Dan ini menjadi webtoon pertama yang kubaca. Sebelumnya aku memang tidak suka membaca komik atau manga dari layar laptop atau hape.

Karena saat itu baru 3 bab yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia, aku masih belum mengerti apa yang mirip dengan S.Coups dan Jeonghan. Tapi aku terus mengikutinya karena katanya ada BGM di beberapa bab yang memakai lagunya Seventeen. Dan Vernon juga menulis lagu khusus untuk webtoon ini. Lalu aku membaca dengan mengesampingkan alasan pertamaku—CoupsHan dan Seventeen. Karena gambarnya simple tapi bagus, dan ceritanya memang menarik untuk disimak. Pada dasarnya, aku orang yang tidak sabaran, karena di LINE Webtoon hanya diupdate dua kali seminggu, aku terbang ke naver dan membaca—melihat—disana. Ternyata memang benar ada BGM yang lagunya Seventeen dan ada lagunya Vernon juga.

Sampai saat ini, sudah sekitar 2 tahun webtoon ini beredar di LINE Webtoon. Tapi di Indonesia, ratingnya tidak sebagus di negara asalnya. Padahal ceritanya menarik dan ringan, intinya tentang keseharian dan perilaku anak SMA—di Korea. Gambarnya simple tapi bagus dan stylish, 232-ssi juga sering memberi selingan style gambar dari manga-manga terkenal seperti One Piece, Detective Conan, Death Note, Attack on Titan, dan lainnya. Dan yang paling kusuka adalah ada lawaknya, mau situasi seperti apapun selalu ada lawaknya. Dari komentar-komentar yang kubaca di setiap babnya, banyak yang mengatakan webtoon ini rame banget, karena 232-ssi tidak hanya menulis percakapan antarkarakter utama, tapi juga percakapan kecil karakter-karakter figuran. Inilah yang membuat webtoon ini berbeda dan lebih hidup dari kebanyakan cerita komik lainnya.

Oia, berbicara mengenai komentar-komentar yang kubaca di setiap babnya, sering kutemui komentar tentang “sulit menghapal nama karakternya karena terlalu banyak dan wajahnya hampir mirip”, bahkan sampai menjadi best comment. Jadi, pada tulisanku ini aku ingin memberi tutorial para karakter Love Revolution pada kalian penggemar webtoon ini yang masih sering bingung. Jujur, aku cukup percaya diri soal menghapal karakter dalam komik, ahahah~ #pinnochio

Jadi, mari kita mulai dari karakter utama dan karakter pendamping (a.k.a enam karakter inti). Gambar yang kugunakan di sini adalah first appearance dari setiap karakter. Aku pakai gambarnya yang bagus dan jelas, bukan yang derp, agar kalian bisa menghapalnya juga.

  1. Gong Juyeong (공주영)

LR - Gong Juyeong 1st

Gong Juyeong a.k.a Gongju (princess). 17 tahun. Kelas 1-2. Sekarang Juyeong sekelas dengan Jarim di kelas 2-3. Ini adalah karakter utama cowoknya. Semuanya pasti sudah hapal tentu saja karena dia karakter utama. Ciri khasnya adalah rambut panci warna hitam, kata Wang Jarim, dan matanya yang bulat yang membuatnya terlihat gwiyeowo. ><

 

  1. Wang Jarim (왕자림)

LR - Wang Jarim 1st

Wang Jarim a.k.a Wangja (prince). 17 tahun. Kelas 1-3. Sekarang kelas 2-3. Karakter utama ceweknya. Pacarnya Gongju. Semuanya juga pasti sudah hapal, kan? Banyak komentar yang mengatakan Wangja mirip dengan RV’s Seulgi. Tapi menurut aku pribadi, Wangja cenderung mirip dengan Haibara Ai atau Kirishima Touka, atau Mikasa Ackerman. Ciri khasnya, tahi lalat di dekat mata kirinya.

 

  1. Lee Kyungwoo (이경우)

LR - Lee Kyungwoo

Lee Kyungwoo a.k.a Lee Kaeng. 17 tahun. Kelas 1-3. Sekarang kelas 2-3. Masih ada yang belum mengerti kalau Lee Kyungwoo dan Lee Kaeng itu orang yang sama. Jadi Lee Kaeng itu adalah nama panggilannya Lee Kyungwoo. Jangan bingung lagi, ya. Ciri khasnya, mirip Sanji. Rambut cokelat kemerahan yang modelnya mirip Sanji. Sekarang sudah tidak seperti Sanji, karena poninya dipotong. Trus dia pakai plester di bawah mata kirinya. Di episode flashback Lee Kyungwoo, saat SMP rambutnya masih hitam, modelnya mirip Gongju tapi poninya miring dan tidak menutupi mata. Dulu dia pakai tindikan. Di episode akhir-akhir ini (Naver) dia pakai tindikan lagi. Ini sahabatnya Gongju sejak kecil. Mereka sudah berteman sejak TK, tapi Kyungwoo cuma ingat kalau dia temenan sama Gongju sejak SD, behahahah~

 

  1. Kim Byunghoon (김병훈)

LR - Kim Byunghoon 1st

Kim Byunghoon a.k.a Kim Baeng. 17 tahun. Kelas 1-2. Sekarang kelas 2-3. Padahal Byunghoon yang paling mencolok dari semua karakter tapi masih saja ada yang tidak tahu Byunghoon itu yang mana. Ya cowok paling tinggi berkulit paling gelap ini. Yang tingkahnya paling aneh dan yang paling lawak di webtoon. Biasanya kemunculan Byunghoon itu memang sebagai comic relief, tapi dia sahabat yang pengertian kok. Byunghoon berteman dengan Gongju dan Lee Kaeng sejak kelas dua SMP, tapi mereka seperti sudah berteman sejak lahir. Meskipun gelap, dia satu-satunya yang punya abs, behehehe~

 

  1. Yang Minji (양민지)

LR - Yang Minji

Yang Minji a.k.a YangMin. 17 tahun. Kelas 1-3. Sekarang kelas 2-3. Ini adalah sahabatnya Wang Jarim. Banyak yang tidak bisa membedakan Yang Minji dengan Oh Aram. Padahal mereka karakter yang kontras. Perbedaan yang menonjol adalah tinggi badannya. Yang Minji lebih tinggi dari Oh Aram. Rambutnya warna cokelat muda atau hazelnut (?) dan tipe bergelombang. Sering diikat ekor kuda atau kepang ke samping. Karena poninya dipanjangkan, jadi model rambutnya sekarang tanpa poni. Di episode flashback Wang Jarim, rambutnya masih hitam dan pendek sebahu. Dulu dia pakai kacamata. Dia juga masih pakai kacamata kalau di rumah. Yang Minji ini juga tipe yang pengertian pada sahabatnya.

 

  1. Oh Aram (오아람)

LR - Oh Aram

Oh Aram a.k.a Arong. 17 tahun. Kelas 1-3. Sekarang kelas 2-3. Sebenarnya, nama panggilan Oh Aram jarang digunakan, hanya terkadang teman-teman ceweknya saja yang panggil dia begitu. Ini adalah karakter paling kuat sepengetahuanku. Oh Aram adalah yang paling pendek dari enam karakter inti. Setahuku, dia memang yang paling pendek dari temen-temennya. Dia yang jago olah raga dan suka makan. Rambutnya memang mirip dengan Yang Minji tapi cenderung lebih terang dan tipenya lurus. Poni rambutnya sekarang dipotong separuh dahi. Jadi tambah gwiyeowo. Oh Aram ini meski kelihatannya inosen dan bodoh amat, dia adalah yang paling peka. Di episode akhir-akhir ini (Naver), diketahui bahwa Aram mempunyai abs. Serasa lihat body-nya Mikasa. Tapi gak kaget sih kalau dia bakal punya abs.

Nah, itu adalah tutorial untuk menghapal enam karakter inti dari webtoon ini. Semoga membantu, dan tidak tertukar lagi. Selanjutnya karakter pendamping yang masih berhubungan dan/atau sering muncul di kehidupan karakter utama/karakter inti.

Geng Warnet

  1. Seok Ho (석호)

LR - Seok Ho 1st

17 tahun. Kelas 1-3. Sekarang kelas 2-3. Seok Ho ini yang sering dibilang mirip Kyungwoo. Karena bentuk mata dan model rambutnya (poni samping). Tapi poni rambutnya tidak menutupi mata, warna rambutnya juga gak sama. Seok Ho cokelat tua. Dan yang paling penting, Seok Ho itu lebih tinggi dari Kyungwoo. Di episode flashback Lee Kyungwoo, dia ini termasuk anak nakal karena dia juga merokok, tapi dia tidak masuk gengnya Kyungwoo. Meskipun dulu agak bertentangan dengan Kyungwoo dia masih perhatian kok sama sahabatnya itu. Oia, Seok Ho sudah punya pacar, jadi nggak bisa nggebet dia, ya gaes… >< Spoiler: Seok Ho sekarang jomblo, tapi belum bisa move on. Sampe nangis dan mau bolos sekolah habis diputusin. Karena sudah jomblo, rasanya pengen jodohin dia sama seseorang, khe~

 

  1. Ahn Gyeongmin (안경민)

LR - Ahn Gyeongmin 1st

17 tahun. Kelas 1-3. Sekarang kelas 2-3. Kadang-kadang sama geng warnet dipanggil Ahn Saeng Gyeongmin, gak tau kenapa. Ini cowok berkacamata yang menyebalkan sekali. Awalnya kukira dia karakter yang tidak banyak bicara, tapi ternyata nyebelin banget. Lawaknya nyebelin. Dia yang sering barengan Seok Ho. Model dan warna rambutnya sama kayak Gongju. Kalau kacamatanya dilepas, bentuk matanya mirip sama Seok Ho. Dia gak jelek banget, cuma nyebelin aja. Spoiler: menurut pengamatanku kayaknya si Gyeongmin ini pernah sempet suka sama Lee Jihye. Tapi kita tunggu saja terjemahannya~

 

  1. Seo Yungjoon (서영준)

LR - Seo Yeongjun 1st

Karakter ini sebenarnya tidak sering muncul. Kemunculan pertamanya di episode yang di tempat bowling, episode 101. Setelah itu dia muncul lagi cuma sebentar pas cowok-cowok itu main di warnet. Dan menurutku dia mungkin salah satu anggota geng warnet juga. Dia dulu satu SMP dengan Gongju cs.

Geng Cafe

  1. Hong Jinhee (홍진희)

LR - Hong Jinhee

Hong Jinhee a.k.a Jini. 17 tahun. Kelas 1-4. Sekarang kelas 2-3. Ini yang masih satu sekolah dengan Wangja cs. Dulu aku tidak bisa membedakan Hong Jinhee dengan Bae Jiyeon. Karena selain namanya mirip (Ji) wajah dan rambutnya juga mirip. Sampai sekarang aku juga masih sering bingung. Mudahnya, rambut Hong Jinhee lebih panjang dari Bae Jiyeon. Dia tidak punya pacar. Dia yang ikut liburan ke rumah neneknya Kim Baeng pas musim panas. Oia, Hong Jinhee sudah ganti model rambut, ntar kalau muncul jangan bingung ya, hehe.

 

  1. Bae Jiyeon (배지연)

LR - Bae Jiyeon 1st

Bae Jiyeon a.k.a Bejita. Dia satu SMP dengan Wangja cs, beda SMA. Yang mirip sama Hong Jinhee, tapi rambutnya lebih pendek sebahu. Oia, kayaknya dia cuma punya single eyelid. Menurutku, style-nya Bae Jiyeon agak tomboy. Dia sudah punya pacar. Ini yang pas ulang tahun dikasih surprise sama pacarnya, tapi pura-pura gak tau. Pernah double date sama Gongju-Wangja.

 

  1. Song Hyemin (송혜민)

LR - Song Hyemin 1st

Song Hyemin a.k.a Songhae. Dia satu SMP dengan Wangja cs, masih satu SMA dengan Bae Jiyeon. Dia muncul kalau cewek-cewek ini lagi hang out. Tapi sekalinya muncul screentime-nya juga tidak terlalu banyak.  Aku pernah membaca komentar ada yang tidak bisa membedakan Song Hyemin dengan Yang Minji pas mereka muncul barengan. Jelas beda, gaes. Song Hyemin rambutnya pendek sebahu, warnanya juga beda. Ini cewek yang disukai Ahn Gyeongmin, hehe…

Saudara Karakter Inti

  1. Gong Jaemin (공재민)

LR - Gong Jaemin 1st

Gongjaem. 16 tahun. Ini adik laki-lakinya Gong Juyeong. Dia muncul di episode satu, tapi pakai topi jadi wajahnya gak kelihatan. Dia muncul lagi di episode pas Gongju-Wangja masih awal-awal pacaran. Kalau gak salah pas main ke tempat bilyar, episode 31. Meski dia adiknya karakter utama, dia jarang muncul. Masih menunggu Gongjaem muncul lagi. Dia lumayan ganteng, kirain bakal sama gwiyeowo-nya kayak Gongju. Rambutnya ikal. Atau bergelombang?

 

  1. Wang Byeollim (왕별림)

LR - Wang Byeollim

16 tahun. Ini adik perempuannya Wang Jarim. Dia sekolah di SMP-nya Wangja dulu. Dia suka godain kakaknya. Menurutku dia sama cool-nya kayak Wangja, tapi dia lebih derp. Dia adalah saudara karakter inti yang paling sering muncul. Nggak susah kok untuk tahu Wang Byeollim itu yang mana. Mirip Jarim tapi rambutnya bergelombang dan dicat kemerahan. Sempet pangling gara-gara rambutnya udah panjang. Spoiler: ada aura-aura kisah Byeollim dengan Hanbyul, keke~ Kita tunggu saja kelanjutannya.

 

  1. Oh Baram (오바람)

LR - Oh Baram

20 tahun. Kakak laki-lakinya Oh Aram. Kayaknya dia anak kuliahan, nggak dijelaskan lebih lanjut. Dia muncul pertama pas nganterin Aram ke stasiun pas mau liburan ke rumah nenek Kim Byunghoon. Entah kenapa menurutku dia kayak Tsukiyama Shuu (Tokyo Ghoul). Spoiler: Baram muncul lagi di episode terbaru Naver. Dia ikut anak-anak liburan musim panas. Dan ternyata dia sebentar lagi berangkat wamil.

 

  1. Yang Minah (양민아)

LR - Yang Minah

19 tahun. Kakak perempuannya Yang Minji. Dia juga pakai kacamata. Pas pertama kali muncul di episode 44. Entah kenapa wajahnya terlihat lebih tua dari umurnya. Mungkin karena dia lelah habis pulang les, soalnya dia kelas 3 SMA. Spoiler: Minah muncul lagi sebentar di episode saat Minji sedang diet. Dia jadi agak berbeda dari first appearance-nya.

 

  1. Kim Youngji (김영지) & Kim Youngju (김영주)

LR - Kim Youngji &amp; Kim Youngju 1st

15 tahun. Kembar. Mereka adalah adik perempuan Kim Byunghoon. Pertama kali muncul di episode 138, sampai saat ini belum muncul lagi. Anehnya kulit mereka putih. Mungkin karena Byunghoon sering main di sawah makanya jadi hitam, hehe~

Karakter lainnya

  1. Jung Sanghoon (정상훈)

LR - Jung Sanghoon 1st

Jung Sanghoon a.k.a Jungsang. Teman SMP Gongju cs, beda SMA. Dia yang tinggi, kulit putih, mata sayu, rambutnya gak tau warna apa itu. Pemalu dan suka belajar. Dia gak gabung geng warnet, soalnya dia murid teladan. Meski sudah tidak satu sekolah, tapi masih suka main bareng (meski temen-temennya gak ada yang bener sih). Kalian pasti hapal soalnya dia yang suka sama Yang Minji. Spoiler: Sanghoon sudah tidak jomblo. Dia berhasil jadian dengan Minji. #kapalkubocorsedikit

 

  1. Park Jaejung (박재정)

LR - Park Jaejung 1st

Ini juga teman SMP Gongju cs, satu SMA dengan Sanghoon. Rambut panci, mata sipit, punya bekas jerawat di pipi, hehe. Dia yang ikut liburan ke rumah neneknya Kim Byunghoon. Setelah itu dia belum muncul lagi. Eh, muncul lagi sebentar di episode yang belum tayang di LINE Webtoon, teehee~

 

  1. Kim Woori (김우리)

LR - Kim Woori

Dia juga satu SMP dengan Gongju cs, masih ikut satu SMA juga, beda kelas beda jurusan. Dia cewek yang suka nempel ke Kyungwoo. Pas SMP dia juga nakal. Tapi menurutku dia nakalnya gara-gara ngikuti Kyungwoo. Soalnya dia suka sama Kyungwoo sudah lama, dan bertepuk sebelah tangan. Karena Kyungwoo gak pernah menganggap temen-temen ceweknya sebagai cewek. Wajahnya mirip mantan pacarnya Kyungwoo. Rambutnya sekarang dipanjangkan dan berponi lagi, kayak pas jaman SMP, gara-gara Kyungwoo bilang dia cocok pakai poni. Menurutku, Woori ini tipe Wannabe.

 

  1. Bang Yeseul (방예슬)

LR - Bang Yeseul 1st

Teman SMP Yang Minji, tapi kayaknya beda kelas. Masih satu SMA tapi beda kelas beda jurusan. Ini cewek yang akhirnya pacaran sama Kyungwoo, tapi cuma sebentar. Jujur, aku gak terlalu suka karakter ini. Dia terlalu memaksa dan manja sekali pas pacaran sama Kyungwoo. Untungnya mereka putus, muahahah. Dia masih suka sama Kyungwoo, tapi si Kyungwoo gak mau diajak balikan.

 

  1. Lee Jihye (이지혜)

LR - Lee Jihye

Karakter ini tidak terlalu sering muncul. Sekalinya muncul screentime-nya juga tidak banyak. Dia pacarnya Seok Ho, dan kayaknya awet banget. Kayaknya dia tidak terlalu suka hangout dengan Gongju-Wangja cs. Menurutku dia mirip sama Song Hyemin. Malah aku sempet mikir nama mereka sama-sama Hyemin, hehe. Itu foto dari flashback Lee Kyungwoo. Kok aku gak bisa nemufotonya pas SMA ya. Spoiler: Dia mutusin Seok Ho karena alasan yang tidak kuketahui (karena gak tahu artinya). Padahal dia yang suka Seok Ho duluan, kok malah minta putus. Mungkin dia mau belajar, atau dia capek sama Seok Ho, atau gak tau ah~ (A/N: akhirnya nemu gambar Lee Jihye yang wajahnya jelas)

 

  1. Hwang Chan (황찬)

LR - Hwang Chan 1st

Karakter ini juga tidak terlalu sering muncul. Lebih sering muncul Lee Jihye dibandingkan dia. Dia ini pacarnya Bejita, eh, Bae Jiyeon. Dia muncul lagi pas double date sama Gongju-Wangja. Sekilas mirip Byunghoon, tapi dia lebih jaim dan alisnya tebal, heheh.

 

  1. Jang Haeri (장해리)

LR - Jang Haeri

Dia kakak kelas di SMA Gongju, dan dia ngincer Gongju. Dia pendek banget, mungkin lebih pendek dari Aram. Tapi body-nya wauw! Suka pakai make up berlebihan. Dia tipe cewek nakal. Sudahlah, pokoknya dia nakal. Gampang hapalinnya. Kayaknya masih bakal ada konflik di dalam hubungan Gongju-Wangja. Karena orang ini belum muncul lagi. Masih menunggu kelanjutan gelagatnya yang ngedeketin Gongju.

 

  1. Choi Hanbyul (최한별)

LR - Choi Hanbyul 1stfotonya kejatohan

Teman masa kecilnya Wangja. Satu TK juga dengan Gongju dan Lee Kaeng. Dia ini yang pas di foto TK fotonya kejatuhan sendok pas Kyungwoo lagi beres-beres bekas makan. Sekarang teman satu SMA Sanghoon. Dia yang nggambar wajahnya Wangja yang masih disimpan Gongju sampai sekarang. Dia kayak Kyouya-senpai. Cowok ganteng, tinggi, berkacamata tipe idealku, behahah… Spoiler: ada aura-aura kisah Byeollim dengan Hanbyul, keke~ Kita tunggu saja kelanjutannya.

 

  1. Kwak Bogyeong (곽보경)

LR - Kwak Bogyeong

Yap, episode terbaru di LINE Webtoon karakter ‘antagonis’nya adalah orang ini. Kwak Bogyeong si muka dua. Dan beneran mantan pacarnya Gongju, kan~ Jadi kasihan sama si Gongju, dipalak mulu. Dia telah menjadi karakter lain yang paling dibenci oleh pembaca, setelah si Jo Seungmin. Dia beneran berantem sama Wangja, kan~ Kalah lagi. Yang katanya mirip boneka, suka sirik kalau lihat cewek cantik/imut, selalu pengen diperhatikan. Queen Wannabe ini mah.

 

21. NamGoong Jisoo (남궁지수)

LR - NamGoong Jisoo-1

17 tahun. Murid kelas satu, adik kelasnya anak-anak. Kayaknya juga adik kelasnya Kyungwoo cs di SMP. Ternyata dia satu gym dengan Oh Aram. Temen nge-gym atau junior di gym. Tinggi, rambut bergelombang, kulitnya agak gelap. Dia sering muncul, jadi aku tambahkan, keke~

 

22. Yoo Sol (유솔)

LR - Yoo Sol

Ini temannya Kwak Bogyeong yang satu sekolah dengan Wang Jarim cs, tapi beda jurusan. Wajahnya kayak emak-emak, keke~ Menurutku, dia yang sebarin gossip yang merusak nama baik Jarim. Malah dikomporin lagi sama Kwak Bogyeong dengan cerita gak bener.

 

23. Jung Dongjin (정동진)

LR - Jung Dongjin

Ternyata orang ini adalah abangnya si Sanghoon. Sama-sama tinggi, tapi lebih tinggi Sanghoon kayaknya. Karena wajahnya yang selalu terlihat marah, beda banget dari Sanghoon yang wajahnya kalem. Gak pernah kepikiran kalau dia abangnya Sanghoon. Tapi setelah kuperhatikan, memang agak mirip sih. Dia yang bikin Sanghoon gak bisa renang dan takut sama air, keke~

Karakter dari flashback

24. Choi Jungwoo (최정우)

LR - Choi Jungwoo 1st

Ini oppa yang kerja paruh waktu di warnet. Dulu aku gak pernah kepikiran kalau oppa ini ada hubungannya dengan Wang Jarim. Kirain figuran aja. Yaa.. siapa sangka dia mantannya Wang Jarim. Gak bisa dibilang mantan, sih. Soalnya mereka memang tidak pernah pacaran. Jarim hanya korban saja. Kasihan si Wangja dia jadi dingin dan judes gara-gara oppa ini. Dia ganteng dan tinggi. Tapi cowok ganteng ini seenaknya sendiri. Di flashback dia emang mirip sama Gongju.

 

25. Ahn Joongwon (안중원)

LR - Ahn Joongwon

Orang ini kelupaan tidak kutulis di postingan pertama kali. Muncul di episode flashback Wang Jarim. Ini temennya Choi Jungwoo. Mantan pacarnya Yang Minji. Dia pacaran dengan Yang Minji kayaknya cuma setting-an aja. Biar Choi Jungwoo bisa deketin Wang Jarim. Kasihan Yang Minji, dia jadi korban juga, kan? Ahn Joongwon ini kayaknya pacarnya juga banyak, sama aja kayak Choi Jungwoo. Pada episode di Naver, Minji ketemu lagi sama orang ini pas dia lagi ‘kencan’ sama Sanghoon. Dan orang ini sama sekali tidak ingat pada Minji. Dasar orang nyebelin yang lain!

 

26. Jo Seungmin (조승민)

LR - Jo Seungmin 1st

Temen SMP Kyungwoo, eh, mantan temen. Dari komentar-komentar yang kubaca, dia ini karakter yang paling dibenci oleh pembaca. Dan pembaca sangat hapal dengan karakter ini, Cuma gak mau ngapalin namanya aja. Ganteng kagak, pinter kagak, tapi sok-sokan dan suka cari masalah. Menurutku, cowok ini kurang perhatian dari orang tuanya. Dan dia gak tau bagaimana cara menyalurkan energinya. Jadi dia mudah terbawa amarah, dan bawaannya pengen mukulin orang aja. (kayak psikolog aja review-ku). Aku penasaran apa dia bakal muncul lagi di kehidupan Kyungwoo. Soalnya dia kayak masih dendam gitu.

 

27. Nam Yuri (남유리)

LR - Nam Yuri 1st

Ini dia mantan pacarnya Kyungwoo. Cantik, sih tapi dia nakal. Yah.. cocoklah sama Kyungwoo karena dulu sama-sama nakal. Mereka putus karena salah paham saja. Dia dan Kyungwoo sama-sama keras kepala, gak ada yang mau ngalah. Tapi sekalipun mereka bisa menyelesaikan kesalahpahaman mereka dulu, kayaknya Kyungwoo tetap gak ingin melanjutkan hubungan mereka. Kayaknya kalian tidak pernah ketuker Nam Yuri dengan siapapun ya.

 

28. Kwak Jungmin (곽정민)

LR - Kwak Jungmin 1st

Ini juga mantan temennya Kyungwoo. Rambut bergelombang, pakai kacamata. Dia yang panggil ambulan buat nolong Kyungwoo dan ibunya. Dia orang pertama yang tahu Kyungwoo dan ibunya dipukulin sama ayahnya, setelah itu Gong Juyeong. Menurutku, dia punya sisi baik, cuma dia takut sama si Jo Seungmin, jadi ya sesat terus jalannya.

 

29. Sung Yejin (성예진)

LR - Sung Yejin

Temen sekelasnya Kwak Bogyeong di SMP. Temen SD Lee Kyungwoo. Padahal dia gak punya masalah apa-apa sama Bogyeong, eh malah diadu-domba sama bocah itu. Pas SMP rambutnya pendek bergelombang. Pas SMA rambutnya panjang lurus. Entah kenapa menurutku dia mirip salah satu karakter, tapi gak yakin siapa, he~

 

30. Ji Sooryung (지수령)

LR - Ji Sooryung

Temennya Sung Yejin dan Kwak Bogyeong di SMP tapi gak sekelas. Wajahnya ini kayak gabungan antara Hong Jinhee dengan Kim Woori, menurutku. Dia ini cewek baik-baik yang dihasut dan adu domba oleh Kwak Bogyeong hanya karena dia cantik dan punya pacar. Bener, kan?

 

Capek, gaes. InsyaAllah, tulisan Hangul-nya bener, hehe…

Makin ke bawah, tulisan jadi seperti review karakter daripada cara menghapalkan mereka. Untuk karakter dari flashback aku hanya menyebutkan yang muncul di garis besar cerita. Karena yang muncul lagi juga tidak semuanya.

Karakter webtoon ini memang banyak banget dan bikin sering ketuker. Tapi kuharap tulisanku ini bisa membantu (kalau ada yang baca sih). Oia, karena di webtoon sudah masuk tahun ajaran baru, jadi anak-anak sudah naik kelas semua. Selamat ya~

Segini aja tulisanku ini. Kalau ada yang baru atau perubahan, akan aku update. Dan maaf kalau ada typo. All character © 232 on Naver Webtoon.

Update: Maaf baru sempat update. Kukira tidak ada yang melihat atau membaca, jadi gak buru-buru di-update. Dan memang lagi menunggu biar banyak dulu sih~ Oia, karena timeline-nya sudah satu tahun, jadi usia setiap karakter juga bertambah satu tahun. Hitung sendiri, ya~ ^^v

Terima kasih sudah berkunjung!

 

Jaa nee~

 

Ranifa Billy

Bonus: Oh Aram’s abs

aram's abs

 

Published: 18.02.27 02:38 PM

Updated: 18.08.01 08:49 PM

Advertisements

15 thoughts on “Love Revolution Character Tutorial

  1. Wah senang ada post soal karakternya Love Revolution, suka sedih sih tiap baca banyak yang ngeluh gak bisa bedain mereka padahal mereka beda semua 😦

    Btw mau bantu koreksi Lee Jihye, dia lumayan sering kok nongol meskipun nggak terlalu diperkenalkan banget dan nggak banyak dialognya. Dia nongol emang pas episode 120 pertamanya, terus episode 121 nongol lagi dan dialognya juga lumayan. Dia yang bawa basro buat kaeng dkk, itu jihye kok walau rambutnya agak gelombang. Disana udah keliatan dia ngincer seokho dan gyeongmin bilang seokho gak bakal macarin dia (taunya mereka jadian wkwkwk)

    Kalo mau nyari Jihye edisi SMA dia rambutnya panjang gelombang dikuncir satu, nggak bakal ketemu kalo cari rambut pendek. Lee Jihyu udah panjang rambutnya sejak lulusan SMP, di episode 124 foto rame2 yang terakhir Lee Jihye paling kiri yang diliatin oleh Seokho.

    Aku lupa dia muncul lagi dimana aja, yang jelas dia nongol pas nemenin seokho main warnet sama kaeng-gonju dkk, kalo gak salah episode sebelum flashbacknya wang jarim. Disitu seokho nanya pacar temennya mau dateng boleh nggak, terus pokoknya mereka mesra disitu walau figuran wkwkwk. Terus lagi pas acara makan2 aku lupa episode mana, yang jelas gyeongmin protes kenapa jihye ikutan mulu kumpul, gyeongmin-jihye emang gak aku dari dulu.

    Pokoknya intinya cari aja kalo mereka kumpul2 ada seokho, terus ada cewek rambut panjang gelombang dikuncir satu berponi dan matanya agak mirip woori itu Lee Jihye 😀

  2. Menurutku gak terlalu susah hapalin nama dan karakternya,krn tiap tokoh perbedaan karakternya cukup mencolok.. Webtoon ini bagus bgt,critanya ringan dan mendekati riil layaknya kehidupan anak SMA. Aku udah gak SMA sih,tp aku seneng bgt sm webtoon ini..art nya dpt, romance, comedy apa lg..intinya webtoon ini bagus bgt..kalo ada figure atau acc karakter love revolution mau lah beli..😁

    1. Hai! Aku juga ngeship mereka. 😁
      Sejauh ini minji bertepuk sebelah tangan, soalnya lee kaeng gak peka. Aku udah lama gak ngintip dari naver, soalnya belum ada perkembangan hubungan mereka. Kan jadi greget. 😞😞

    1. Dulu pernah nemu yg terjemahan b.inggris, tp cuma episode awal2 (cuma 1-13, kalo gak salah) trus gak update lagi. Aku langsung lihat di naver, yang asli b.korea, dan aku pahami sendiri, hehe 😆

  3. si Ahn Kyung Min dipanggil Saenggyeong Min karna dia jelek. Saenggyeong yang mereka maksud adl gabungan dari Saenggyeodda (jelek) + Kyung = Saenggyeong. ada kok episode yg memperlihatkan si Saenggyeong, emang jelek hahahahahha

    p.s. Ahnkyung (dalam bahasa korea) juga artinya kacamata. kaya Jeongkook artinya pemerintah.

    1. btw, rating komik ini rendah di sini, karna kayanya mayoritas orang Indonesia lebih suka baca cerita yang menyeu-menyeu/romatis-drama-khayalan-tingkat-dewa gitu. conth kaya Alice, In a Dream.
      oiyaaaa, judulnya lagunya apa ya? yang vernon buat untuk komik ini.

    2. Hai! Terima kasih tambahan infonya. Awalnya gak tau kenapa kamu komen gini, jadi aku baca ulang lagi apa yg udah kutulis (maklum postingan lama) 😁😁
      Lagunya Vernon judulnya Sickness (feat. Pledis Girlz’ Eunwoo). Here’s the link https://youtu.be/-XqlEvMIlf0
      Terima kasih sudah berkunjung~ Love your username 😊

  4. I love this webtoon so muchhh!! bacanya sampe ke naver (liat doang, soalnya gak ngerti), dan berasa sakau pengen baca lagi ahahah, pdhl bukan yang cerita dgn ending gantung tapi seneng aja baca kisah mereka. Thank you loh udah menjabarkan tokoh2nya hehe. Aku jg udah baca sampe episode terbaru di naver, dan sangat amat amat baper sama eps 224 :”) aku awalnya ship minji sama kaeng sih, tapi kayaknya kaeng belum siap. dan pengennya kaeng sm org yg bener2 bisa ngertiin dia… and i love sunghoon :”””” jadi bingung sndr mau ship siapa HAHAHA

    1. Park Hana itu satu smp sama Wang Jarim, yg kayak ketua geng itu (cari di episode Wang Jarim). Rambutnya pendek bergelombang warna coklat muda (atau apalah itu). Dia ada di episode “Boy Recipe (4)”, yang pas karaokean disenderin sama kyungwoo.

      1. maaf, btw kyungwoo beneran ada sumn gitu sama Park Hana sampe dismsin? thanks 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s